BAHAN DAN PERALATAN MENANGKAR MURAI BATU

BAHAN DAN PERALATAN MENANGKAR MURAI BATU
Untuk beternak murai batu medan, satu hal yang paling penting di persiapkan pertama kali setelah memiliki indukan adalah mempersiapkan kandang penangkarannya. Untuk merencanakan kandang penangkaran murai batu medan tidaklah terlalu rumit. Setelah lokasi pemilihan kandang penangkaran yang sudah di tentukan, tinggal mempersiapkan bahan-bahan, tinggal membangun berdasarkan perencanaan yang ada.

Bahan Pembuatan Kandang Murai Batu Medan
Untuk bahan dinding bisa menggunakan jenis batu bata biasa atau batako yang mudah di dapatkan di pasaran. Penggunaan jenis ini sangat sesuai untuk mengurangi naik turunya suhu secara drastis yang ada di sekitar kandang penangkaran murai batu medan.Jika kita mempunyai sudut rumah yang kosong atau dinding dengan sisa lahan di sampingnya, kita bisa memanfaatkan sudut rumah dan dinding tersebut untuk salah satu bagian dinding kandang penangkaran. Tinggal menambahkan sisi-sisi yang lainnya, kita bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya untuk membuat kandang penangkaran murai batu.



Kandang Penangkaran Murai Batu Medan menggunakan kawat dengan lubang 1x1 cm

Agar kita bisa mengontrol indukan murai batu medan di kandang penangkaran, ada baiknya kita memasang salah satu sisi di depan dengan menggunakan kawat dengan lubang berdiameter 1cm2.

Kawat dengan ukuran ini sudah cukup untuk menghindari predator seperti tikus dan lain sebagaina. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada indukan murai batu medan sewaktu proses produksi.

Di pasaran, ada kawat dengan diameter 0.5×0.5 cm. Kawat dengan ukuran ini bisa juga di pergunakan. Tetapi, untuk kekuatannya, kawat dengan diamater 1cm persegi lebih besar dari pada kawat dengan diamater 0.5 cm persegi.

Disini penangkar bisa memilih jenis kawat mana yang di gunakan. Bisa menggunakan kawat ram dan diameter 0.5 cm persegi ataupun diameter 1 cm persegi.

Tenggeran di Kandang Penangkaran Murai Batu Medan

Tenggeran adalah salah satu fasilitas yang mutlak di berikan di kandang penangkaran murai batu. Tenggeran bisa menggunakan bahan kayu atau bambu dengan diameter yang tepat sesuai kaki murai batu. Penambahan fasilitas ini digunakan agar pergerakan murai batu bisa lebih fleksibel bergerak dan terbang dengan tujuan agar lebih sama dengan alam aslinya.

Pemberian Batu Alam di Kandang Penangkaran Murai Batu Medan

Untuk menciptakan suasana yang mendekati suasana asli di alamnya, kandang penangkaran murai batu bisa kita tambahkan batu-batu alam di dalamnya. Disamping hal ini bisa menjaga suhu udara di dalam kandang lebih stabil, penempatan batu-batu alam ini akan membuat indukan murai batu lebih nyaman.
SUMBER INFOMURAI SARIKAN DARI : http://jualmuraibatu.wordpress.com